Yang Terbaru Dari Mighfar

Yang Terbaru Dari Mighfar

Setelah 2 minggu perilisan lagu Drown Eyes (OST Meanor), yang terbaru dari Mighfar Suganda ini kembali merilis single terbaru berjudul Dead Soul in a Living Body pada 15 Juli 2022, lanjutan dari cerita Drown Eyes, tentang seseorang yang tenggelam karena air matanya sendiri. Dead Soul in a Living Body menceritakan bagaimana pria yang sudah tenggelam tersebut, akan merasakan fase mati rasa, meskipun berusaha move on dan melanjutkan hidup.

Tetap mengusung tema quarter life crisis, kali ini bertema perasaan hampa, monoton dan keluhan dalam menjalani kehidupan. Dalam proses produksi, demo lagu ini awalnya ber genre folk pop seperti Payung Teduh, namun setelah Mighfar memberikan sentuhan drum, strings, gitar elektrik, dan piano, lagu ini mengarah ke indie/bedroom pop. Nyawa dari lagu ini pun berubah drastis daripada demo awal. Berubah menyesuaikan tema lagu.

Latar Belakang Yang Terbaru Dari Mighfar, “Dead Soul in a Living Body”

Latar belakang yang menginspirasi terciptanya Dead Soul in a Living Body adalah perasaan yang terbaru dari Mighfar Suganda saat menjalani pekerjaan pertamanya, selepas lulus kuliah, cukup beruntung menerima gaji besar di umur yang masih muda, namun dia merasakan ada yang hilang dan hampa dengan apa yang dilakukannya selama ini. Sebuah pekerjaan di sebuah perusahaan yang banyak orang harapkan, dia kira akan merasakan kebahagiaan seperti orang-orang. Namun dia tidak merasakan kebahagiaan sepenuhnya, karena jujur dalam hati nya, tidak menjalani pekerjaan yang dicintainya. Mighfar Suganda merasa hidup tapi tanpa makna dan tujuan, dia menyebutnya Dead Soul in a Living Body.

Dalam lagu ini, Dead Soul in a Living Body sebagai representasi keadaan mental dan perasaan seorang pria pasca mengalami Drown Eyes kesedihan yang sangat dalam karena kekasihnya sampai tenggelam oleh air mata sendiri. Meskipun berjuang melanjutkan hidup dan move on, mau tak mau pria tersebut harus menghadapi fase Dead Soul in a Living Body. Mati rasa dengan wanita baru yang ditemuinya, kebingungan dalam menjalani tujuan hidupnya, dan perasaan hampa yang tidak tahu entah dari mana.

Sesuai tema perasaan hampa meskipun secara logika, seharusnya baik baik saja, Mighfar memproduksi lagu ini dengan intro notasi beat drum yang monoton, menggambarkan perasaan seseorang yang stagnan, diisi satu-persatu instrumen, strings, piano, dan akhirnya gitar elektrik di Chorus, sebuah usaha untuk mensyukuri dan menjalani kehidupan yang dia pilih, namun apa yang dihasilkan adalah perasaan dan nada frustasi, mengeluh dengan keadaan. Tidak seperti semua lagu lain Mighfar Suganda yang pada instrumen Bass selalu dibantu Yosan L.C Aponno, kali ini waktu masa produksi, Mighfar menggambar midi bass untuk mengisi kekosongan, karena Yosan L.C Aponno sedang pulang kampung ke Ambon. Namun setelah mengisi midi, Mighfar merasa cukup cocok dengan instrumen bass buatan dari midi. Sedangkan semua instrumen lain dan vocal direkam, diproduksi, mixing, dan mastering sendiri oleh Mighfar Suganda di kamar nya.

Dead Soul in a Living Body memperkuat karakter Mighfar Suganda dalam menciptakan musik sederhana, dengan vibes ambience dan strings yang kental, namun juga fokus menjadi sebuah media yang storyteller benang merah antar lagu, yaitu makna keresahan-keresahan dalam masalah quarter life crisis.  Dengan durasi singkat selama kurang lebih 3 menit Lagu ini akan melengkapi album Meanor dimana mayoritas lagu beatnya lebih chill dan halus, sebagai jembatan dari dari lagu ngebeat seperti Dance on Fire ke lagu slow seperti Broken Sunset

Artwork Lagu “Dead Soul in a Living Body”

Artwork dari lagu Dead Soul in a Living Body didesain sendiri oleh Mighfar Suganda dari sebuah foto konser nya, tepatnya di Levelup, Bojonegoro, Jawa Timur. Kala itu dia sedang melakukan check sound dan difoto candid saat pandangannya kosong, menghadap kebawah, dengan tema blur di beberapa bagian tubuhnya. Artwork Dead Soul in a Living Body mewakili secara visual, perasaan hampa dan kosong, serta kebingungan dalam menentukan tujuan hidup. Semua itu terkadang tidak disadari selama beberapa lama, sampai ada suatu momen yang menyadarkannya

Dead Soul in a Living Body menjadi track ke-6 yang dirilis pada tahun 2022 semakin mendekati album Meanor, yang akan disusul dengan film pendek dan musik video yang punya benang merah. Wah seru banget ya cerita  dibalik lagu-lagu dari Mighfar Suganda ini, jadi jangan lupa untuk dengerin lagunya ya! Dan cek juga postingan kita yang lainnya disini!

0
0

Written by:

Leave a Comment

Your email address will not be published.