Merek Lokal Kok Pakai Brand Ambassador Artis Luar?

Akhir-akhir ini produk merek lokal banyak memberikan kesempatan pada artis luar negri lebih tepatnya Korea untuk menjadi Brand Ambassador dari produk tersebut. Dari produk makanan, online marketplace, skincare, makeup dan masih banyak lagi yang ikut melakukan hal tersebut, kira-kira apa yang menjadi alasan Chief Marketing Brand mengambil keputsan itu?

Merek Lokal

Brand Equity

Kira-kira apasih Brand Equity itu? Menurut David Aaker, seorang pakar brand strategy dari Amerika Serikat menjelaskan akan pentingnya sebuah bisnis punya ekuitas merek. Secara sederhana Brand Equity merupakan seperangkat aset yang bisa menambah maupun mengurangi nilai merek tersebut. Yang mana jika sebuah merek mempunyai brand equity yang kuat maka mempunyai peluang yang lebih besar untuk dipilih dalam persaingan pasar. Selain itu ekuitas merek juga berperan untuk membantu pelanggan menafsirkan dan memproses informasi, meningkatkan kepercayaan dalam keputusan pembelian, dan mempengaruhi experience pelanggan ketika bersentuhan dengan merek tersebut.

Mahal Tapi Sepadan

Pertanyaannya adalah apa kaitannya antara Brand Ambassador luar dengan Brand Equity? Dan apakah memberikan hasil yang sepadan? Jika ditarik lebih dalam dan berpegang dengan teori Aaker, hal ini lebih masuk akal kenapa para Chief Marketing Brand Indonesia banyak memberi kesempatan pada artis luar negri. Contoh nya seperti skincare, yang mana sering memakai artis Korea sebagai brand ambassador nya, karena jika dilihat dari sisi marketnya, kulit para selebritis Korea merupakan representasi jenis kulit yang diinginkan banyak orang Indonesia: putih, mulus, dan glowing.

Ditambah lagi dengan kultur penggemar K-Pop maupun selebritis Korea dalam menerobos market. Para penggemar K-Pop dan K-Drama dikenal mempunyai kultur unik yang mana menjadikan idola mereka sebagai seorang primadona, selain itu para penggemar juga terkenal dengan budaya yang loyal dan royal kepada idolanya. Kesediaan para fans K-Pop dalam mendukung idola mereka ini sangat bisa dipakai untuk penjualan maupun reputasi brand.

Berharap Dapat Menjangkau Pasar Global 

Selain memang menggunakan artis Korea sebagai brand ambassador untuk meningkatkan reputasi brand, tujuan lainnya yaitu berharap akan mampu menjangkau pasar global. Walaupun fans dari artis tersebut tak berdomisili di Indonesia, karena terkenal dengan kultur yang melekat loyal dan royal, mereka pasti juga ingin mendapatkan produk yang dibintangi oleh idolanya disertai dengan berbagai merchandise tentang sang idola di dalamnya. Ini jelas jadi salah satu keuntungan tersendiri bagi brand lokal agar makin dikenal luas. Selain itu, dengan strategi promosi semacam ini tak menutup kemungkinan bagi investor asing untuk mulai melirik produk mereka.

Nah sekarang tau dong alasan dibalik banyak nya produk lokal mengambil artis luar negeri sebagai brand ambassador produk mereka? Jangan lupa untuk mampir liat postingan kita sebelumnya disini ya!

 

0
0

Written by:

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *