Memutar Waktu

Alya Nurshabrina, Miss Indonesia 2018 ini merilis single keduanya yang berjudul Memutar Waktu dan liriknya menggunakan Bahasa Indonesia. Mengingat bahwa single pertama dari Alya yang berjudul Fall Into Place ini ditulis dalam Bahasa Inggris pada tahun 2021.

Dibalik Lagu Memutar Waktu

Dengan genre Ballad, lagu Memutar Waktu ini bercerita tentang bagaimana seseorang belajar mengikhlaskan cinta pertamanya yang telah meninggal dunia. Lagu ini terinspirasi dari kisah nyata, yaitu pengalaman pribadi Alya ketika memiliki pacar pertama. Penulisan lagu ini memiliki proses yang sangat panjang, sekitar 10 tahun, karena berdasarkan kejadian-kejadian yang Alya alami Ketika SMA di tahun 2011-2012. Sesuatu yang awalnya hanya berbentuk puisi, perlahan berproses menjadi lantunan melodi dan lirik sembari Alya terus mempelajari musik di Orange Vocal Class. Hingga akhirnya, komposisi lagu ini selesai di akhir 2021, dengan bantuan vocal coach Alya yaitu Pujo Laksono yang turut andil sebagai Music Director, serta Peter Lawdenk sebagai Pianist.

Music Video dari Single Kedua Alya

Memutar Waktu

Untuk video musik resmi Memutar Waktu, konsep yang digunakan adalah time travel atau flashback, yang menggambarkan 3 versi Alya; Alya di 2012, Alya di 2022, dan Alya di 2072. Video dibuka dengan seorang nenek yang sedang ingin mengambil buku, namun buku lain dan sebuah foto jatuh ke lantai. Ketika buku dan foto yang jatuh tersebut diambil, ternyata kedua barang tersebut adalah buku milik cinta pertama dan juga foto kenang-kenangan bersama cinta pertama tersebut. Lalu, kenangan manisa di masa lalu pun seketika teringat kembali.

Seluruh adegan masa SMA yang ada di video juga representasi artistik dari pengalaman nyata Alya, namun tidak 100% persis. Contohnya, adegan ditegur oleh guru dalam kelas karena terlalu banyak bercanda mesra bersama pacar, itu benar terjadi di masa lalu, namun aslinya karena Alya diam-diam mengobrol bersama
pacar hingga terlihat sangat tidak memperhatikan kelas, dan bukan karena bercanda mesra. Kemudian contoh lain, yaitu adegan kecelakaan motor; itu juga benar terjadi, namun kejadian aslinya tidak berlokasi di dekat SMA. Video ditutup dengan cuplikan buku tahunan SMAN 55 Jakarta, dimana terlihat ada halaman khusus mengenang almarhum Ryan Prakoso (13 Agustus 1995 – 17 Agustus 2012); sosok nyata dari cinta pertamanya Alya.

Memutar Waktu

Lagu ini direkam di studio milik temannya Alya, yaitu Trxshless, serta didukung oleh rekan-rekannya Alya dalam kolektif musik Ledronc. Sementara untuk video, pengambilan gambar dilakukan di SMAN 55 Jakarta, UNJ, dan rumah kakeknya. Alya, serta tim videografer didukung yang oleh Omagawe. Sutradaranya pun merupakan sahabatnya Alya, yaitu Ludia Maryen, Miss Papua 2018 dan Miss Indonesia Persahabatan 2018. Alya sangat bersyukur bagaimana seluruh keluarga, teman, dan bahkan SMA almamaternya pun turut memberikan dukungan yang tulus dalam proyek ini. Sebagai harapan kedepannya, semoga Memutar Waktu dapat terus menemani pendengar ketika sedang berproses mengikhlaskan masa lalu. Terlebih dari itu, Alya juga berharap dapat terus bercerita tentang berbagai pengalaman hidupnya melalui berbagai eksplorasi karya seni, terutama musik.

Seru banget ya Hearoes, kisah haru namun menarik dari Kak Alya semasa SMA ini. Dan dengan adanya kisah SMA ini dimasa lalu, kak Alya bisa menjadikan pengalaman itu dan dituangkan kedalam instrumen musik yang akhirnya menjadi lagu terbarunya yang berjudul Memutar Waktu. Jadi, tunggu apalagi nih? Mending kita langsung cuss dengerin lagu terbarunya kak Alya ini yaaa! Ohiya jangan lupa juga untuk cek postingan terbaru dari kita disini ya!

0
0

Written by:

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *